Langkah Keempat dalam Proses SDM dan Langkah-Langkah Lainnya

Ilustrasi sebutkan langkah keempat dalam proses sdm. Sumber: Pexels/Campus Production
Ilustrasi sebutkan langkah keempat dalam proses sdm. Sumber: Pexels/Campus Production

Sumber daya manusia atau SDM merupakan individu yang bekerja secara produktif untuk menggerakan organisasi maupun perusahaan. Supaya mendapatkan SDM yang baik maka perlu dilakukan pembangunan. Sebutkan langkah keempat dalam proses SDM.

Salah satu tujuan perencanaan SDM yaitu agar ada kepastian antara kesesuaian tenaga kerja dan jumlah pekerjaan yang tersedia, baik itu jumlah atau kualitas SDM yang perusahaan butuhkan.

Sebutkan Langkah Keempat dalam Proses SDM dan Langkah Lainnya

Ilustrasi sebutkan langkah keempat dalam proses sdm. Pexels/Icsa
Ilustrasi sebutkan langkah keempat dalam proses sdm. Pexels/Icsa

Dikutip dari Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sutadji, (2010) sumber daya manusia merupakan bagian penting dalam pengelolaan perusahaan. Oleh karena itu keberadaan SDM harus selalu ditingkatkan melalui pelatihan.

Dalam proses pembangunan SDM ada beberapa langkah atau tahapan yang diperlukan. Sebutkan langkah keempat dalam proses SDM! Berikut urutannya secara benar.

1. Menilai Kapasitas SDM Saat Ini

Contoh perencanaan SDM paling awal adalah dengan menilai karyawan yang ada. Sebelum memutuskan untuk merekrut dan mempekerjakan karyawan baru, penting untuk memahami talenta karyawan yang sudah dimiliki.

2. Buat Prakiraan Kebutuhan SDM (HR Requirements)

Setelah mempunyai inventaris lengkap dari resource yang dimiliki, saatnya untuk memperkirakan kebutuhan di masa mendatang. Apakah perusahaan perlu meningkatkan jumlah SDM-nya? Apakah perlu tetap mempertahankan staf Anda saat ini dengan meningkatkan produktivitas mereka melalui pelatihan? dan lain-lain.

3. Mengembangkan Strategi Bakat Karyawan

Langkah penting setelah menentukan kebutuhan karyawan perusahaan dengan menilai kapasitas SDM saat ini serta juga memperkirakan demand dan supply perusahaan. Saatnya memulai proses pengembangan dan penambahan talent. Talent development adalah bagian penting dari proses human resource management yang strategis.

4. Tinjau dan Evaluasi (Review and Evaluate)

Setelah langkah dan contoh perencanaan SDM telah tersedia untuk periode tertentu, lakukan evaluasi apakah plan tersebut telah membantu perusahaan. Jika semuanya berjalan dengan lancar, lanjutkan rencana pengelolaan SDM tersebut. Namun jika ada hambatan yang ditemui, sebaiknya sesuaikan berbagai aspek agar lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Dua Alasan Utama Harus Mengurangi Sumber Daya Eksternal dalam Perencanaan SDM

Artikel di atas merupakan jawaban pertanyaan sebutkan langkah keempat dalam proses SDM. Semoga jawaban ini berguna dan memuaskan. (SASH)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url