Survei Invinyx dan Jakpat: Instagram Medsos Terpopuler di Kalangan Gen Z
1 Apr, 2024
Halaman ini telah diakses:
Views
Agensi pemasaran digital Invinyx, bersama lembaga survei Jakpat, merilis laporan baru soal media sosial (medsos) mana saja yang menjadi favorit pengguna kalangan Gen Z selama 2023. Hasilnya, Instagram keluar sebagai yang paling populer.
Total ada tiga platform media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh responden. Selain Instagram (94 persen), ada YouTube di posisi runner-up (91 persen) dan TikTok di peringkat ketiga (81 persen).
"Invinyx memiliki data primer yang kaya akan informasi mengenai preferensi masyarakat dalam platform media sosial maupun key opinion leaders. Insight tersebut kami kemas dan sajikan lebih mendalam dalam laporan ini," kata Co-Founder Invinyx Digital Agency, Muhammad Ilmayanto Rustriananda, dalam pernyataan resmi, Kamis (28/3).
Survei juga mengungkap format konten yang paling diminati oleh pengguna medsos, yakni vlog, podcast, dan story. Vlog dan foto menjadi format yang disukai wanita, sementara pria memilih live streaming dan giveaway sebagai format favoritnya.
Hiburan menjadi jenis konten yang paling populer ditonton di media sosial oleh responden dengan persentase mencapai 88 persen. Jenis konten lain yang diminati setelah hiburan adalah kuliner (84 persen) dan fesyen (65 persen).
Sementara itu, kuliner turut menjadi produk paling populer dibeli responden di media sosial, baik Gen Z, Gen Y, maupun Gen X. Jika didetailkan, Gen Z cenderung sering membeli produk kuliner, kecantikan dan fesyen, sedangkan Gen Y dan Gen X memilih memboyong produk kuliner dan perangkat elektronik di media sosial.
Tautan (link) produk pada konten promosi oleh key opinion leader (KOL) merupakan faktor penting yang mempengaruhi responden membeli suatu produk di media sosial, menurut data yang didapat Invinyx dan Jakpat. Responden berpendapat tautan memudahkan mereka menemukan produk.
Laporan Invinyx dan Jakpat mengungkap adanya link produk serta alur ulasan atau promosi yang terstruktur merupakan komponen utama paling menarik responden yang ada di dalam konten pemasaran digital oleh KOL. Bagi Gen Z, mereka turut mementingkan relevansi antara branding image yang dimiliki oleh KOL dengan konten promosi yang dilakukan.
Ada beberapa faktor yang membuat responden memutuskan untuk membeli sebuah produk dari konten promosi yang dilakukan oleh KOL. Berdasarkan segmentasi usia 18 sampai 25 tahun, mereka mempertimbangkan sebuah produk jika memiliki harga terjangkau, sementara kelompok umur 26 sampai 35 tahun lebih mengutamakan ulasan positif.