Cara Membuat Abstrak Otomatis dengan Langkah Mudah dan Praktis

Ilustrasi Cara Membuat Abstrak Otomatis. Foto: dok. Unsplash/Surface
Ilustrasi Cara Membuat Abstrak Otomatis. Foto: dok. Unsplash/Surface

Cara membuat abstrak otomatis adalah langkah mudah yang banyak dipilih bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan karya tulisnya. Hal tersebut karena saat ini abstrak dapat disusun secara online sehingga lebih praktis.

Namun begitu, sebelum membuat abstrak, mahasiswa perlu mengetahui definisi dari abstrak yang umum dijumpai dalam karya ilmiah. Biasanya, abstrak terletak di awal karya ilmiah seperti skripsi.

Cara Membuat Abstrak Otomatis dengan Langkah Mudah

Ilustrasi Cara Membuat Abstrak Otomatis. Foto: dok. Unsplash/Christin Hume
Ilustrasi Cara Membuat Abstrak Otomatis. Foto: dok. Unsplash/Christin Hume

Skripsi adalah jenis karya ilmiah yang berisi hasil penelitian mahasiswa jenjang Strata 1. Dalam skripsi ini, terdapat suatu bagian yang dikenal dengan sebutan abstrak. Apa itu abstrak dalam skrispi atau karya ilmiah?

Mengutip buku berjudul Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah, Dr. Juliansyah Noor, S.E., M.M. (2016:269), abstrak adalah penyajian singkat atau intisari mengenai isi tulisan skripsi atau tesis dan disertasi, sehingga pada susunan tulisan, abstrak menjadi bagian tersendiri. Abstrak skripsi memiliki fungsi khusus.

Fungsi abstrak adalah untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca tentang apa yang terdapat dalam tulisan skripsi, atau tesis dan disertasi yang disusun. Umumnya, abstrak diletakkan di awal sebelum bab penguraian. Untuk itu, mahasiswa perlu cermat dalam membuat abstrak untuk skripsi atau karya ilmiah yang disusunnya.

Tak perlu khawatir, saat ini abstrak dapat disusun secara otomatis yaitu dengan cara online. Abstrak otomatis yang dibuat secara online dapat dilakukan dengan mengakses situs untuk membuat abstrak, salah satunya adalah Classgist. Berikut ini adalah cara membuat abstrak otomatis menggunakan situs Classgist.

  1. Akses browser pada perangkat laptop atau komputer, lalu kunjungi situs web classgist.com.

  2. Isi formulir yang tertera pada 'Overview of the study (Research problem, Aims and Objectives)'.

  3. Selanjutnya, tulis metodologi penelitian pada kolom formulir 'Methods/Research Methodology'.

  4. Setelah itu, tulis hasil penelitian pada kolom 'Results/Findings'.

  5. Tuliskan pula kesimpulan dan saran dalam kolom 'Conclusion/Recommendations'.

  6. Selanjutnya, klik 'View Abstract' untuk memproses abstrak.

  7. Setelah itu, hasil abstrak dapat digunakan untuk karya ilmiah yang disusun. Sebaiknya,m abstrak yang diperoleh dimodifikasi sedemikian rupa agar hasilnya lebih bagus.

Baca juga: Jenis-Jenis dan Contoh Outline Skripsi

Cara membuat abstrak otomatis yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu mahasiswa dalam menyusun abstrak dengan mudah. Semoga bermanfaat. (DAP)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url