Lebaran, Busway Tetap Beroperasi

Juandry10
Pipes Output
Lebaran, Busway Tetap Beroperasi
Aug 23rd 2011, 12:42

Liputan6.com, Jakarta: Bus Transjakarta akan tetap beroperasi selama Idulfitri 1432 H guna melayani kebutuhan transportasi warga DKI Jakarta. Namun, pada hari pertama Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 30 Agustus, jam operasional bus akan diundur. Semula busway mulai beroperasi pukul 05.00 WIB namun nanti menjadi pukul 09.00 WIB. Sedangkan, batas akhir operasional pelayanan penumpang pada pukul 23.00 WIB.

"Hari pertama Lebaran pengelola memberikan kesempatan kepada petugas menunaikan salat Idulfitri. Namun pada hari kedua dan seterusnya, jam operasional berjalan seperti biasa," kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta Muhammad Akbar, Selasa (23/8).

Akbar menjelaskan, pihaknya juga akan menambah armada di tiga koridor, yakni Koridor V (Kampungmelayu-Ancol), Koridor VI (Ragunan-Dukuhatas), dan Koridor IX (Pinangranti-Pluit). Penambahan armada dilakukan, mengingat ketiga koridor tersebut menuju ke tempat-tempat wisata yang ada di Ibu Kota.

Penambahan dilakukan dengan cara mengambil armada dari koridor lainnya. Masing-masing akan ditambah dua kali lipat dari jumlah armada reguler. "Misalnya yang di Koridor VI, setiap harinya ada 38 armada, kami tambah dua kali lipat karena itu adalah rute wisata," tuturnya.

Tidak hanya itu, pengelola juga akan menyediakan rute wisata, di antaranya rute Ragunan-Monas. Pelayanan tersebut diperuntukan bagi warga yang tidak mudik sehingga dapat menikmati tempat hiburan favorit dengan transportasi mudah, murah, nyaman, dan cepat.

"Kami menyediakan rute layanan khusus ini tidak hanya bagi warga Jakarta saja, melainkan juga bagi orang dari luar daerah yang saat lebaran berlibur di Jakarta," imbuhnya.

Namun, khusus Koridor VI (Ragunan-Dukuhatas) bus tidak melayani perjalanan hingga Ragunan, tapi sampai di Halte SMK 57 saja. Mengingat saat Lebaran jumlah pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) akan membludak, sehingga bus Transjakarta tidak dapat masuk ke area TMR.

Bus akan memutar di perempatan Jalan Pertanian. Kebijakan ini sifatnya situasional. Jika memungkinkan akan kami lanjutkan hingga Halte Ragunan kembali.

Pada bagian lain Akbar mengatakan, BLU Transjakarta juga akan mengatur jam operasional bus saat malam takbiran. Operasional Transjakarta pada malam takbiran hanya sampai pukul 18.30 WIB. Pasalnya, ruas jalan reguler akan dipadati oleh kendaraan bermotor yang menggelar kegiatan pawai takbiran.

Berdasarkan data BLU Transjakarta, jalur yang akan mengalami gangguan selama takbiran terutama pada kawasan Monas, Hotel Indonesia, Balaikota, Tugu Tani, Matraman, Kramat jati, dan Pademangan.(IAN/Ant)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url