Perayaan Uniqlo LifeWear di Museum of Modern Art (MoMA) New York, Senin (15/9/2025). Foto: UNIQLO
Tahun ini menjadi tahun ke-20 semenjak Uniqlo mendirikan store pertama mereka di Amerika Serikat pada tahun 2005 silam. Sebagai salah satu bentuk penandaan tahun yang spesial ini, Uniqlo mengadakan acara The Art and Science of LifeWear. Acara tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Toray Industries di Museum of Modern Art (MoMA), New York pada Senin (15/9). kumparanWOMAN turut hadir langsung di New York pada acara spesial ini.
Selain merayakan perjalanan panjangnya, acara ini juga menampilkan secara perdana aktris legendaris Cate Blanchett sebagai Global Brand Ambassador Uniqlo. Sebelumnya, Uniqlo telah mengumumkan bergabungnya Cate Blanchett sebagai duta merek pakaian asal Jepang tersebut pada Agustus 2025.
Dalam acara ini, mengenakan setelan blazer hitam koleksi Uniqlo C, Cate hadir pada panel diskusi bersama mantan petenis Roger Federer, yang juga merupakan Brand Ambassador Global Uniqlo, dipandu oleh Creative Director Uniqlo, Clare Waight Keller. Melalui sesi panel tersebut, Cate menekankan pentingnya aksesibilitas dalam fesyen.
"Memiliki pakaian berkualitas seharusnya bukan bentuk kemewahan yang tidak dapat diakses semua orang, dan Uniqlo berhasil menyampaikan pesan ini dengan baik lewat produk mereka," ujar Cate.Perayaan Uniqlo LifeWear di Museum of Modern Art (MoMA) New York, Senin (15/9/2025). Foto: UNIQLO
Acara spesial ini juga dihadiri langsung oleh Tadashi Yanai, Founder sekaligus Chairman, President & CEO Fast Retailing Uniqlo.
Dalam pidatonya, Tadashi menegaskan misi Uniqlo untuk terus menghadirkan pakaian yang relevan dengan perubahan zaman dan memberi makna mendalam bagi penggunanya.
"Hari ini menandai 20 tahun setelah pembukaan toko Uniqlo yang pertama di Amerika Serikat pada 2005 lalu. Saya sangat senang bahwa kami dapat memamerkan konsep LifeWear di Museum of Modern Art, museum ikonis kota New York, yang telah menjadi mitra Uniqlo selama 10 tahun terakhir," ungkapnya.
Perayaan Uniqlo LifeWear di Museum of Modern Art (MoMA) New York, Senin (15/9/2025). Foto: UNIQLO
Tadashi juga menekankan filosofi LifeWear yang menjadi dasar kreasi pakaian Uniqlo dengan partner strategis mereka Toray Industries.
"Sejak awal, misi kami adalah memperbaiki kehidupan masyarakat melalui pakaian. Misi ini diwujudkan melalui LifeWear, yang dikembangkan berdasarkan kerja sama yang kuat dengan Toray (Industries)," ungkap Tadashi.
Toray Industries dan Uniqlo telah menjalin hubungan kemitraan yang strategis untuk mengembangkan teknologi dan materi-materi inovatif sebagai bagian dari filosofi LifeWear Uniqlo. Toray Industries yang merupakan produsen bahan dan tekstil global menciptakan berbagai inovasi untuk pakaian dalam konsep LifeWear Uniqlo.
Perayaan Uniqlo LifeWear di Museum of Modern Art (MoMA) New York, Senin (15/9/2025). Foto: UNIQLOPerayaan Uniqlo LifeWear di Museum of Modern Art (MoMA) New York, Senin (15/9/2025). Foto: UNIQLO
Pada malam yang dihadiri deretan tamu dan media dari berbagai belahan negara ini, turut ditampilkan sejumlah instalasi interaktif yang terbagi dalam tiga tema utama: Technology For All yang memperlihatkan inovasi material hasil kerja sama Uniqlo dan Toray; Art For All yang merayakan kemitraan jangka panjang Uniqlo dengan MoMA; serta Heart For All yang menyoroti komitmen Uniqlo dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh dunia melalui LifeWear.
Lalu, salah satu hal yang menjadi kejutan besar malam itu adalah pengumuman penunjukkan seniman kontemporer asal AS, Brian Donnelly yang lebih dikenal dengan nama KAWS sebagai Artist in Residence pertama Uniqlo. KAWS nantinya akan terlibat dalam program seni global Uniqlo untuk menghadirkan pameran di berbagai store Uniqlo sampai ikut berkontribusi dalam pengembangan koleksi LifeWear musim Fall/Winter 2025 mendatang.
Perayaan Uniqlo LifeWear di Museum of Modern Art (MoMA) New York, Senin (15/9/2025). Foto: UNIQLO
Dengan lebih dari 2.500 toko di seluruh dunia, Uniqlo terus menegaskan posisinya sebagai salah satu brand terdepan kelas internasional.
Momentum perayaan dua dekade kehadirannya di Amerika Serikat ini menjadi pernyataan visi Uniqlo untuk terus menghadirkan pakaian yang sederhana, berkualitas, dan bermakna untuk semua orang.