8 Langkah Cara Membuang Sampah dengan Baik - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
8 Langkah Cara Membuang Sampah dengan Baik
Oct 16th 2024, 17:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi bagaimana cara membuang sampah dengan baik - Sumber: pexels.com/@lara-jameson/
Ilustrasi bagaimana cara membuang sampah dengan baik - Sumber: pexels.com/@lara-jameson/

Satu hal yang menarik bila membahas tentang sampah adalah ternyata tidak semua orang memahami bagaimana cara membuang sampah dengan baik. Padahal membuang sampah sesuai dengan aturan sangatlah penting bagi lingkungan dan kesehatan.

Banyak orang yang tidak menyadari dampak negatif dari pembuangan sampah sembarangan, seperti pencemaran lingkungan dan kesehatan. Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan belum menjadi prioritas bagi sebagian besar masyarakat.

Bagaimana Cara Membuang Sampah dengan Baik?

Ilustrasi bagaimana cara membuang sampah dengan baik - Sumber: pexels.com/@vladvictoria/
Ilustrasi bagaimana cara membuang sampah dengan baik - Sumber: pexels.com/@vladvictoria/

Berdasarkan buku Generasi Milenial Cinta Lingkungan, Dr. V. Kristina Ananingsih, ST, M.Sc., ‎Ignatius Novianto Hariwibowo, SE., M.Acc, (2021), disebutkan bahwa generasi muda bisa dinilai cukup baik dalam menjaga lingkungan, termasuk dalam hal pengelolaan sampah.

Sayangnya, pemahaman ini belum dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Di beberapa daerah, fasilitas pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpisah untuk organik, anorganik, dan sampah berbahaya mungkin tidak tersedia. Tanpa fasilitas yang memadai, masyarakat kesulitan untuk menerapkan cara buang sampah yang benar.

Penerapan bagaimana cara membuang sampah dengan baik dapat dimulai dari diri sendiri, tepatnya dengan langkah-langkah berikut:

1. Pahami Jenis Sampah

Kenali dan pahami berbagai jenis sampah, seperti:

  1. Sampah organik: sisa makanan, dedaunan, dan bahan alami lainnya.

  2. Sampah anorganik: plastik, kaca, logam, dan bahan kimia.

  3. Sampah berbahaya: baterai, limbah medis, dan bahan beracun.

2. Pilih Tempat Sampah yang Tepat

Gunakan tempat terpisah untuk berbagai jenis sampah. Biasanya, ada tiga jenis tempat sampah yang umum digunakan, yaitu tempat sampah berwarna hijau untuk sampah organik, warna kuning untuk sampah anorganik, dan yang berwarna merah untuk sampah berbahaya.

3. Kurangi Sampah

Sebisa mungkin, kurangi penggunaan barang sekali pakai. Pilih produk yang bisa digunakan kembali atau yang memiliki kemasan ramah lingkungan.

4. Lakukan Daur Ulang

Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang, seperti plastik, kertas, dan kaca. Pastikan untuk membersihkannya sebelum membuangnya di tempat sampah daur ulang.

5. Buang Sampah di Tempatnya

Di mana pun sedang berada, jangan membuang sampah sembarangan. Selalu cari tempat sampah terdekat dan buang sampah pada tempat yang telah disediakan.

6. Ikuti Jadwal Pengambilan Sampah

Pastikan untuk membuang sampah pada waktu yang tepat, sesuai dengan jadwal pengambilan sampah yang ditentukan oleh pemerintah setempat.

7. Edukasi Diri dan Orang Lain

Ajak teman dan keluarga untuk memahami pentingnya membuang sampah dengan baik. Semakin banyak orang yang peduli, semakin bersih lingkungan kita.

8. Jadikan Kompos

Jika memungkinkan, buatlah komposter untuk sampah organik di rumah. Ini bisa mengurangi jumlah sampah yang dibuang dan memberikan pupuk alami untuk tanaman.

Baca Juga: Tata Cara Membuang Sampah yang Benar Sesuai Aturan

Ternyata memahami langkah-langkah bagaimana cara membuang sampah dengan baik itu mudah dan tidak membingungkan, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semua orang dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran lingkungan. (DNR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url