Fiersa Besari: Saya Tergantikan Sebagai Musisi, tapi Tak Sebagai Ayah dan Suami - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Fiersa Besari: Saya Tergantikan Sebagai Musisi, tapi Tak Sebagai Ayah dan Suami
Sep 17th 2024, 15:02, by Andrian Gilang Khrisnanda, kumparanHITS

Fiersa Besari. Foto: Dok. Maverick
Fiersa Besari. Foto: Dok. Maverick

"Saya tergantikan sebagai musisi, tapi saya juga percaya bahwa saya tidak bisa tergantikan sebagai seorang ayah dan suami." Begitu kata Fiersa Besari saat mengumumkan dirinya rehat manggung mulai 1 Januari 2025. Fiersa menyampaikan pengumuman itu lewat video yang ia unggah di kanal YouTube miliknya, belum lama ini.

Keluarga menjadi salah satu alasan Fiersa Besari memutuskan rehat manggung. Anaknya, Kinasih Menyusuri Bumi, tahun ini berusia 3 tahun. Tahun depan Kinasih akan masuk Taman Kanak-Kanak (TK). "Nah, saya ingin puas memakai waktu saya yang tinggal satu tahun sebelum dia mulai pendidikan. Jadi, otomatis harus ada yang saya korbankan," kata Fiersa.

Ada beberapa kegiatan yang Fiersa jalani. Selain manggung dan mengurus keluarga kecilnya, ia juga aktif kegiatan di bidang alam yakni naik gunung. Fiersa memilih mempertahankan naik gunung karena masih kerap mendapat pertanyaan terkait aktivitas itu. Sementara, orang-orang jarang bertanya mengenai karyanya di dunia, seperti lagu baru atau jadwal manggung.

"Tapi rata-rata biasanya mereka bertanya, 'Habis dari gunung mana bang? Atau mau ke gunung mana bang sekarang?' Jadi, kayak image saya sebagai pegiat alam itu sudah lebih melekat dibandingkan seorang musisi, dan itu enggak masalah ya. Saya mensyukuri semuanya lah, karena itu kan bidang yang saya geluti," tutur Fiersa.

Fiersa Besari. Foto: Dok. Sumber Didi Music
Fiersa Besari. Foto: Dok. Sumber Didi Music

Fiersa Besari Sudah Sampaikan Keputusan Rehat Manggung kepada Rekan-rekannya di Band

Lantas bagaimana nasib band yang mengiringi Fiersa jika ia tidak manggung lagi? Fiersa mengatakan, ia menyampaikan keputusan untuk rehat pada Maret lalu kepada rekan-rekannya di band. Saat itu, mereka menerima keputusannya.

Namun Fiersa menyurutkan keinginannya untuk rehat usai meminta pendapat ibunya. Ibunda Fiersa yang berpulang pada Mei lalu selalu membanggakan anaknya sebagai seorang musisi. Akhirnya, pelantun "Waktu yang Salah" ini memutuskan tetap bermusik. "Tapi rasa jenuh itu terus datang, apalagi saya selalu merasa berdosa setiap kali kekurangan waktu bermain bersama anak," ucap Fiersa.

Keputusan untuk rehat manggung menguat pada saat Fiersa tidak diundang sebagai penampil dalam event festival musik besar. Kebetulan salah satu orang yang membuat festival itu adalah sahabat baiknya. Fiersa sempat bertanya mengapa ia tidak diikutsertakan di festival itu.

"Ketika saya tanya (dibilang), 'Sudah tidak urgensinya untuk mengundang Fiersa Besari.' Dari situ saya berpikir untuk apalagi orang mengundang Fiersa Besari, sementara saya alhamdulillah sudah termasuk banyak manggung. Sudah ke berbagai tempat, alhamdulillah lah itu berkah yang harus saya syukuri," kata Fiersa.

Penyanyi Fiersa Besari tampil menghibur penonton pada konser The Sounds Project 2023 di Ecopark Ancol, Jakarta, Sabtu (12/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Penyanyi Fiersa Besari tampil menghibur penonton pada konser The Sounds Project 2023 di Ecopark Ancol, Jakarta, Sabtu (12/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Akhirnya, pada Agustus atau September 2024, Fiersa menegaskan kembali kepada rekan-rekannya di band terkait keputusannya untuk rehat manggung. Ia melakukannya sehingga mereka bisa mempersiapkan diri. "Supaya mereka bisa juga cari job di musisi yang lain, di panggung-panggung yang lain atau di tim produksian yang lain," ujar Fiersa.

Fiersa tidak masalah apabila ada rekannya di band yang memperoleh pekerjaan lebih bagus saat ini. Ia malah merasa senang. "Karena saya rasa salah satu peranan kawan atau atasan yang baik adalah melihat anak buahnya atau sahabatnya berkembang dan saya ingin melihat mereka berkembang," tutur Fiersa.

Dalam kolom deskripsi video di YouTube terkait pengumuman rehat manggung, Fiersa membantu mempromosikan anggota band-nya, kru, dan teknisi yang terlibat dalam urusan manggung. Fiersa mengungkapkan anggota timnya merupakan orang-orang yang jujur dan bisa diandalkan. "Mereka bekerja dengan sangat baik," ucapnya.

Fiersa tidak memungkiri keputusannya untuk mundur dari dunia hiburan merupakan hal yang egois. Apalagi ketika masih ada penyelenggara event yang mengundang dirinya untuk manggung. Akan tetapi, Fiersa percaya peranannya sebagai musisi bisa tergantikan.

"Akan selalu ada musisi lain yang lebih muda, lebih baik, bahkan jauh lebih hebat dan lebih bagus karya-karyanya dibandingkan saya," kata Fiersa.

Namun, Fiersa tidak ingin peranannya sebagai seorang ayah dan suami terganti karena kesibukannya. "Jadi, selama saya tidak bisa tergantikan peranannya sebagai seorang ayah dan suami, saya enggak mau kehilangan peranan itu," ucapnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url