Cara Perkenalan Diri saat MPLS yang Menarik dan Berkesan

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Cara Perkenalan Diri saat MPLS, sumber: unsplash/PublikasiSMKN1Cibadak
Ilustrasi Cara Perkenalan Diri saat MPLS, sumber: unsplash/PublikasiSMKN1Cibadak

Cara perkenalan diri saat MPLS perlu diketahui oleh para peserta didik baru. Memperkenalkan diri sendiri di hadapan umum dirasa sulit bagi sebagian orang. Meskipun terlihat mudah, namun hal ini membutuhkan persiapan yang baik sejak dari rumah.

Apalagi, perkenalan diri tersebut dilakukan di hadapan orang-orang baru. Agar lebih berkesan, penting sekali menerapkan etika yang baik dan menarik bagi kawan-kawan baru.

Cara Perkenalan Diri saat MPLS

Ilustrasi Cara Perkenalan Diri saat MPLS, sumber: unsplash/EdUs
Ilustrasi Cara Perkenalan Diri saat MPLS, sumber: unsplash/EdUs

Mengutip buku Inovasi Pembelajaran Digital dalam Kurikulum Merdeka oleh Pontjowulan (2024), MPLS menyediakan wadah untuk berinteraksi secara langsuung, sehingga keterampilan sosial lebih berkembang. Adapun cara perkenalan diri saat MPLS yakni sebagai berikut:

1. Persiapkan Diri

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri. Pikirkan apa saja yang ingin disampaikan saat berkenalan. Bila perlu, buat catatan singkat berupa poin-poin, seperti nama, alamat, asal sekolah, dan hobi.

2. Perkenalkan Diri dengan Jelas

Saat sudah di depan siswa-siswi baru lainnya, mulailah dengan sapaan, lalu sebutkan nama lengkap. Gunakan suara yang jelas agar terdengar oleh semua orang.

Ceritakan sesuatu yang unik tentang diri sendiri agar lebih mudah diingat orang lain. Misalnya, seperti hobi yang unik, pengalaman menarik, atau prestasi yang pernah diraih.

3. Senyum dan Tunjukkan Antusiasme

Saat berada di depan orang banyak, jangan lupa menunjukkan senyuman yang ramah dan menyenangkan. Hal ini membuat seseorang lebih terlihat percaya diri dan mudah didekati. Menujukkan sikap antusiasme saat berbicara juga dapat lebih menarik bagi para pendengar.

4. Jaga Kontak Mata

Saat berkenalan, jangan menundukkan pandangan atau melihat ke atas seperti orang berpikir. Teruslah menjaga kontak mata dengan guru dan teman-teman saat berbicara. Hal ini menunjukkan rasa percaya diri dan menghargai orang-orang di sekitar.

5. Gunakan Humor

Tidak ada salahnya menyelipkan humor saat berkenalan, asalkan tahu batasannya. Upaya ini dapat membuat suasana lebih mencair dan tidak terlalu tegang.

Cara perkenalan diri saat MPLS yang dijelaskan di atas cukup mudah diikuti. Dengan begitu, maka bisa lebih mudah diingat oleh guru dan teman-teman karena perkenalan yang cukup menarik dan berkesan. (DLA)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url