Apa Itu Buah Cantik MPLS? Cek Kumpulan Teka-teki Buah di Sini

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Apa Itu Buah Cantik MPLS. Sumber: Unsplash/Jonas Kakaroto
Ilustrasi Apa Itu Buah Cantik MPLS. Sumber: Unsplash/Jonas Kakaroto

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan kegiatan yang diikuti peserta didik baru, seperti kelas 7 SMP atau kelas 10 SMA. Kegiatan tersebut biasanya memuat teka-teki unik, contohnya apa itu buah cantik MPLS?

Cara untuk memecahkan teka-teki MPLS adalah memahami petunjuk secara jelas dan menganalisa segala kemungkinan. Setelah yakin bahwa jawaban itu benar, peserta didik perlu membawa benda yang sesuai dengan petunjuk teka-teki pada hari esok.

Apa Itu Buah Cantik MPLS?

Ilustrasi Apa Itu Buah Cantik MPLS. Sumber: Unsplash/Naveed Pervaiz
Ilustrasi Apa Itu Buah Cantik MPLS. Sumber: Unsplash/Naveed Pervaiz

MPLS merupakan kegiatan tahunan bagi jenjang SMP, SMA, atau sederajat di Indonesia. Kegiatan tersebut biasanya berlangsung pada awal tahun ajaran baru, yakni sekitar bulan Juli.

Dikutip dari buku Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Rostikawati (2022: 142), tujuan MPLS adalah mempercepat adaptasi peserta didik dalam lingkungan yang baru dan menyesuaikan dengan tuntutan proses pembelajaran yang berbeda dengan sebelumnya.

Ketika MPLS, peserta didik baru akan menerima arahan, penjelasan, serta berbagai kegiatan positif terkait pengenalan lingkungan sekolah. Selain itu, MPLS juga kerap memuat hiburan yang salah satunya berbentuk teka-teki.

Teka-teki MPLS biasanya merujuk pada benda berupa makanan atau minuman. Contoh teka-teki tersebut adalah apa itu buah cantik MPLS? Ketika mendapat pertanyaan seperti itu, peserta didik dapat fokus pada kata "buah" dan kata sifat "cantik".

Buah tentu tidak ada yang cantik, tetapi "cantik" dapat memiliki banyak makna. Beberapa di antaranya adalah bermakna bahwa penampilan buah itu cantik atau buah tersebut memiliki unsur tertentu yang membuatnya menjadi cantik.

Jawaban dari teka-teki buah cantik adalah kesemek. Kesemek merupakan jawaban yang benar karena buah tersebut memiliki penampilan seperti menggunakan bedak. Tampilan tersebut dekat dengan konsep dandan yang membuat perempuan terlihat cantik.

Kumpulan Teka-teki Buah MPLS

Ilustrasi Apa Itu Buah Cantik MPLS. Sumber: Unsplash/LuAnn Hunt
Ilustrasi Apa Itu Buah Cantik MPLS. Sumber: Unsplash/LuAnn Hunt

Buah cantik adalah satu dari sekian banyak teka-teki yang dapat muncul saat MPLS. Hal itu berarti bahwa bisa saja panitia MPLS memberi teka-teki lain. Guna melengkapi referensi, berikut adalah kumpulan jawaban teka-teki buah MPLS.

1. Buah Cium Matahari

Jawaban dari teka-teki buah cium matahari adalah jeruk sunkist. Sunkist merupakan plesetan dari kata sun kiss.

2. Buah Shio

Jawaban dari teka-teki buah shio adalah buah naga. Naga merupakan salah satu dari dua belas nama shio dalam astrologi Tionghoa.

3. Buah Bapak Bilang Iya

Jawaban dari teka-teki buah bapak yes adalah papaya (pepaya). Papaya merupakan jawaban dari teka-teki tersebut karena papa termasuk panggilan untuk bapak dan bahasa Indonesia dari yes adalah iya.

4. Buah Jam Ibu Tercebur

Jawaban dari teka-teki buah jam ibu tercebur adalah buah jambu air. Asal-usul jawaban tersebut adalah menghilangkan huruf "i" di antara kata "jam ibu" dan memaknai tercebur dengan air.

Baca juga: Apa Itu MPLS? Ini Pengertian dan Tujuannya

Jadi, apa itu buah cantik MPLS? Jawabannya adalah kesemek. Jika ada teka-teki MPLS yang sukar dijawab, peserta didik perlu belajar memahami setiap petunjuk dan menganalisa setiap kemungkinan jawaban yang ada. (AA)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url