Mengetahui Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengetahui Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih
Jun 1st 2024, 20:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Setiap warga negara Indonesia wajib mengetahui sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan Bendera Merah Putih. Pasalnya, Bendera Merah Putih adalah simbol Indonesia.

Warna merah putih tidak dipilih secara sembarangan. Kedua warna tersebut dipilih menjadi bendera Indonesia karena memiliki arti khusus.

Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih, WNI Wajib Tahu

Ilustrasi Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Sejarah dan Kiasan Warna serta Cara Menggunakan Bendera Merah Putih. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Bagaimana sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan Bendera Merah Putih wajib diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia? Dikutip dari buku Sejarah Hukum Indonesia, Sjahdeini (2021), warna Merah Putih dipilih untuk dijadikan sebagai warna bendera karena memiliki makna dalam, yaitu merah berarti "berani", dan putih erna "suci" atau "benar". Jadi, arti Bendera Merah Putih adalah berani atas kebenaran.

Selain itu, warna merah juga merupakan gambaran tubuh manusia. Sedangkan putih menggambarkan jiwa. Kedua warna tersebut saling melengkapi dan juga menyempurnakan.

Sebenarnya warna merah putih sudah digunakan sejak zaman kerajaan. Tepatnya digunakan oleh Kerajaan majapahit di Jawa Timur, Majapahit menjadi kerajaan pertama yang menggunakan warna merah dan putih untuk menjadi lambang kejayaannya di abad ke tiga belas.

Selain itu, Kerajaan Kediri juga menggunakan bendera berwarna merah dan putih. Penggunaan merah putih sebagai bendera juga digunakan dalam perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak.

Pada zaman penjajahan Belanda, para pejuang Aceh mengibarkan umbul-umbul berwarna merah putih. Di umbul-umbul tersebut juga digambar pedang, bulan sabt, matahari, bintang, dan beberapa ayat suci Al-Qur'an.

Pangeran Diponegoro juga menggunakan bendera merah putih sebagai panji ketika melawan Belanda. Kemudian, di tahun 1928, bendera merah putih di Jawa digunakan sebagai bentuk protes serta semangat pelajar dan kaum nasionalis untuk melepaskan diri dari cengkraman Belanda.

  1. Setelah perang dunia II berakhir, Bendera Merah Putih menjadi bendera nasional. Sang Saka Merah Putih pertama kali berkibar pada tanggal 17 Agustus 1945.

  2. Setelah mengetahui kiasan warna dan sejarahnya, masyarakat juga harus memahami cara penggunaanya. Adapun cara menggunakan Sang Saka Merah Putih sebagai berikut:

  3. Harus dipasang pada tiang besar dan tinggi yang sesuai ukuran bendera

  4. Bendera yang dipasang pada dinding harus membujur rata

  5. Bendera yang dipasang pada tali harus diikat pada sisi dalam kibaran bendera

  6. Bendera harus dinaikkan dan diturunkan pada tiang secara perlahan, tidak boleh menyentuh tanah

  7. Saat dikibarkan dan diturunkan, seluruh orang yang hadir harus hormat

  8. Pengibaran dan penurunan bendera dapat disertai dengan lagu Indonesia Raya

Baca juga: 16 Fungsi Bendera Merah Putih Sebagai Bendera Negara Indonesia

Demikian sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan Bendera Merah Putih. Semoga penjelasan tadi dapat menambah wawasan. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url