Langkah-Langkah yang Dilakukan J.P. Coen saat Menjabat sebagai Gubernur VOC - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Langkah-Langkah yang Dilakukan J.P. Coen saat Menjabat sebagai Gubernur VOC
Jun 5th 2024, 17:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen. Foto: Unsplash/Katherine McCormack
Ilustrasi tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen. Foto: Unsplash/Katherine McCormack

J.P. Coen merupakan salah satu Gubernur VOC dan cukup kontroversial dalam sejarah Indonesia. Sebab keputusan yang diambil meninggalkan jejak besar. Sehingga timbul pertanyaan untuk tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen!

Bahkan langkah yang ia ambil adalah melakukan pembantaian terhadap beberapa daerah di Indonesia. Tujuannya untuk memperluas dan memperkuat VOC.

Penjelasan Langkah-Langkah yang Dilakukan J.P. Coen saat Menjabat Gubernur VOC

Ilustrasi tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen. Foto: Unsplash/Diego Catto
Ilustrasi tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen. Foto: Unsplash/Diego Catto

Noviyanti dalam Gubernur Jenderal VOC Jan Pieterszoon Coen dan Pembangun Kota Batavia (1619-1629) (2017), menjelaskan tentang tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen berupa kebijakan berkaitan ekonomi dan sosial. Kebijakan tersebut yakni:

1. Penaklukan Jayakarta dan Pendirian Batavia

Usai menjabat sebagai Gubernur VOC, J.P. Coen membuat kebijakan membawa 18 kapal perang untuk menyerang Jayakarta. Dampaknya pada tanggal 30 Mei 1916, Jayakarta berhasil dibumihanguskan.

Setelah itu, VOC membangun kota baru bergaya Belanda dan dinamakan Batavia. Tempat tersebut juga menjadi kantor pusat VOC.

2. Monopoli Perdagangan

J.P. Coen sangat berambisi terhadap rempah-rempah di Indonesia. Ia memberlakukan kebijakan yang ketat. Bahkan sampai memonopoli perdagangan rempah-rempah dengan memaksa rakyat menjual hasil bumi ke mereka dengan harga yang rendah.

Hal ini dilakukan agar mereka mendapat keuntungan besar dan menjualnya hasil bumi rakyat Indonesia dengan harga yang sangat tinggi.

3. Ekspansi Wilayah

J.P. Coen juga melakukan perluasan wilayah VOC dengan menaklukkan beberapa wilayah strategis. Tindakannya sering kali disertai kekerasan dan penindasan terhadap penduduk setempat.

Bahkan ia melakukan pembunuhan terhadap ribuan rakyat Banda. Hal ini dibuktikan oleh 9 sejarawan terkemuka Belanda yang menyatakan J.P. Coen membantai habis rakyat Banda.

Akan tetapi, pemerintah di tempat kelahiran J.P. Coen tidak ada satu pun yang mau meminta maaf. Sampai pemerintah Hoorn menyatakan J.P. Coen sebagai pahlawan dan menggalang dana untuk membuat patung untuknya.

4. Kebijakan Sosial

Untuk memaksimalkan keuntungan VOC, J.P. Coen membuat kebijakan tanam paksa kepada rakyat Indonesia untuk menanam tanaman tertentu yang dibutuhkan VOC.

Selain itu, ia juga memperkenalkan kerja rodi yang membuat rakyat dipaksa bekerja tanpa upah. Hal ini menimbulkan penderitaan dan kemiskinan rakyat Indonesia.

5. Pembangunan Infrastruktur

Meskipun sering kali menyebabkan rakyat Indonesia tertindas, tetapi J.P. Coen dikenal dengan sosok yang kerap membangun infrastruktur. Seperti membangun benteng, jalan, hingga kanal.

Tujuan dari pembangunan infrastruktur tersebut untuk pertahanan sekaligus memudahkan perdagangan. Namun, infrastruktur tersebut juga memberikan dampak positif terhadap masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Gubernur Jenderal dan Program Kerja Selama Menjabat di Hindia Belanda

Demikianlah penjelasan singkat tentang tuliskan dan jelaskan langkah-langkah yang dilakukan J.P. Coen. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang sejarah Indonesia. (MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url