Ketahui 4 Cara Menghilangkan Noda Darah Kurban di Baju yang Efektif - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ketahui 4 Cara Menghilangkan Noda Darah Kurban di Baju yang Efektif
Jun 17th 2024, 21:17, by Berita Terkini, Berita Terkini

Setiap Iduladha, umat Islam akan melaksanakan kurban. Saat berkurban, tak jarang terdapat cipratan darah pada baju. Terdapat cara menghilangkan noda darah kurban di baju yang efektif.

Salah satu caranya adalah segera membilas baju dengan air dingin. Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan.

Cara Menghilangkan Noda Darah Kurban di Baju yang Wajib Diketahui

Ilustrasi Cara Menghilangkan Noda Darah Kurban. Sumber: Pexels/Vika Glitter
Ilustrasi Cara Menghilangkan Noda Darah Kurban. Sumber: Pexels/Vika Glitter

Dikutip dari buku Fiqih for Kids: Gampang Dimengerti Mudah Dijalankan, Herawati (2016), hewan kurban adalah hewan ternak yang disembelih pada Hari Iduladha dan pada hari-hari tasyrik. Saat berkurban, tak jarang darah hewan seperti sapi, domba, atau kambing akan terciprat ke baju.

Noda darah di baju cukup sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika noda darah telah mengering dan tidak langsung dicuci. Supaya noda darah dapat hilang, terdapat beberapa cara yang ampuh untuk dilakukan. Adapun cara menghilangkan noda darah kurban sebagai berikut.

1. Segera Bilas Noda Darah dengan Air Dingin

Jika baju terkena cipratan darah, jangan lupa untuk segera mencuci atau membilasnya dengan air dingin. Hindari mencuci baju menggunakan air panas. Pasalnya, air panas dapat membuat noda darah semakin menempel pada serat kain.

2. Mencuci Baju dengan Sabun

Cara menghilangkan noda darah selanjutnya adalah dengan mencuci baju menggunakan sabun atau deterjen. Caranya adalah tuang sabun atau detergen di atas noda darah.

Kemudian gosok secara perlahan menggunakan jari atau sikat yang lembut. Diamkan baju selama beberapa menit agar sabun dapat meresap ke dalam serat kain dan melarutkan noda darah hewan kurban.

3. Cuci dengan Hidrogen Peroksida

Jika ternyata noda darah tidak kunjung menghilang, cuci baju dengan hidrogen peroksida. Caranya tuang hidrogen peroksida 3% di atas noda darah. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Hindari penggunaan hidrogen peroksida pada baju yang mudah luntur dan berwarna gelap.

4. Cuka Putih

Cuka putih juga ternyata efektif dalam menghilangkan noda darah. Caranya sangat mudah, cukup campur cuka putih dan air dengan perbandingan 1:2. Kemudian rendam bagian yang bernoda dan bilas menggunakan air dingin.

Baca juga: Tips Cara Mencuci Baju Putih dengan Sitrun agar Kembali Kinclong

Ada banyak cara menghilangkan noda darah kurban di baju. Misalnya menggunakan hidrogen peroksida 3%, mencuci baju dengan air dingin, mencuci dengan sabun atau deterjen, dan lain sebagainya. Semoga informasi tadi bermanfaat ya. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url