Doa Menghilangkan Jerawat agar Wajah Kembali Bersih - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Doa Menghilangkan Jerawat agar Wajah Kembali Bersih
Jun 24th 2024, 17:20, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Doa Menghilangkan Jerawat. Sumber Unsplash/Barbara Krysztofiak
Ilustrasi Doa Menghilangkan Jerawat. Sumber Unsplash/Barbara Krysztofiak

Beruntungnya umat Islam yang memiliki doa sebagai ikhtiar untuk segala masalah, termasuk jerawat. Doa menghilangkan jerawat dapat dibaca agar wajah kembali bersih.

Jerawat adalah gangguan yang umumnya terjadi pada kulit wajah berminyak. Jerawat berasal dari bakteri yang mengubah lemak sebum menjadi padat, sehingga menyumbat pori-pori.

Doa Menghilangkan Jerawat dalam Arab, Latin, dan Artinya

Ilustrasi Doa Menghilangkan Jerawat  Sumber Unsplash/Bermix Studio
Ilustrasi Doa Menghilangkan Jerawat Sumber Unsplash/Bermix Studio

Doa menghilangkan jerawat merupakan bentuk usaha umat muslim dalam menyembuhkan penyakit. Berikut adalah bacaan doanya dalam tulisan Arab, latin, dan artinya.

Doa I

للّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Allahumma muthfi'al kabir wa mukbira shaghiri athfi'ha anni

Artinya: "Ya Allah zat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku" (HR. An Nasa'i).

Doa II

اللهم مصغر الكبير ومكبر الصغير صغر مابي

Allahumma mushagharal kabiiri wa mukabarash shaghiri shaghar mabii

Artinya: "Ya Allah, yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang sedang menimpa diriku ini".

5 Faktor Penyebab Jerawat

Ilustrasi Doa Menghilangkan Jerawat  Sumber Unsplash/Kalos Skincare
Ilustrasi Doa Menghilangkan Jerawat Sumber Unsplash/Kalos Skincare

Berdasarkan buku Mengatasi Jerawat, Tresno Saras (2023:9), berikut adalah lima faktor penyebab jerawat yang harus diwaspadai.

1. Produksi Sebum Berlebihan

Kelenjar sebaceous yang terletak di dalam folikel rambut memproduksi minyak alami yang disebut sebum. Ketika produksi sebum berlebihan, maka folikel rambut dapat tersumbat.

Hal ini yang dapat menjadi tempat berkembangnya jerawat. Untuk itu, kulit harus senantiasa dijaga kebersihannya untuk mencegah jerawat.

2. Penumpukan Sel-sel Kulit Mati

Kulit secara teratur akan mengganti sel-sel kulit yang lama dengan yang baru. Kadang-kadang sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit.

Tumpukan sel-sel kulit mati akan menyumbat folikel rambut, sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Cara mencegahnya dengan melakukan eksfoliasi secara rutin.

3. Radang

Peradangan adalah reaksi alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi. Radang dapat terjadi pada folikel rambut yang tersumbat.

Ketika bakteri Propionibacterium acnes berkembang biak dalam folikel tersebut, maka infeksi yang terjadi dapat menghasilkan jerawat meradang.

4. Hormonal

Perubahan hormonal, terutama selama masa remaja, kehamilan, dan saat menstruasi, dapat memengaruhi produksi sebum dan mengakibatkan jerawat.

5. Genetika

Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam kecenderungan seseorang untuk menderita gangguan jerawat. Jika ada riwayat jerawat dalam keluarga, maka risikonya lebih besar dalam mengalami kondisi ini.

Baca juga: Tips dan Doa Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan masalah pada kulit wajah yang dapat mengganggu penampilan. Salah satu cara mengatasinya dalam Islam adalah dengan membaca doa menghilangkan jerawat. (DK)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url