Tak Boleh Derek Mobil Hybrid Ketika Mogok, Mitos atau Fakta? - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tak Boleh Derek Mobil Hybrid Ketika Mogok, Mitos atau Fakta?
May 19th 2024, 11:30, by Sena Pratama, kumparanOTO

Toyota Yaris Cross Hybrid.  Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Toyota Yaris Cross Hybrid. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Mobil hybrid yang tidak bisa berjalan karena masalah atau sedang mogok ternyata tidak boleh ditangani dengan cara derek. Sebab, bila penanganannya tidak tepat akan merusak komponen hibridanya.

Dijelaskan Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Timur, Suratman menyarankan kepada pemilik mobil hybrid agar memperhatikan sumbu roda yang menjadi sumber penggerak.

"Begini, derek mobil hybrid tidak boleh sembarangan. Umumnya mobil hybrid memiliki fitur regenerative braking sebagai salah satu metode pengecasan daya listrik ke baterai," buka Suratman ditemui di Bekasi belum lama ini.

Fitur regenerative braking memanfaatkan gaya putaran roda untuk menghasilkan energi yang kemudian oleh generator disimpan ke dalam baterai.

Komponen baterai all new Toyota Kijang Innova Zenix  Foto: Dok. Istimewa
Komponen baterai all new Toyota Kijang Innova Zenix Foto: Dok. Istimewa

"Kalau itu berputar, meski sistem mobil tidak menyala, akan tetap mengisi daya listrik ke baterai. Kalau sistem pada mobil sedang mati akibat mogok atau sebagainya artinya tidak ada perlindungan dari arus yang masuk tersebut," imbuh Suratman.

Bila hal tersebut dibiarkan, Suratman bilang arus listrik yang terus masuk ke baterai dikhawatirkan dapat terjadinya korslet. Lebih-lebih, dapat menyebabkan atau memicu terjadinya kebakaran pada sistem hybrid mobil.

"Makanya, dilihat dulu. Bukan tidak boleh, kalau mobil hybrid penggerak depan, maka roda depannya yang diangkat. Begitu sebaliknya, kemudian kalau dia AWD (penggerak semua roda) ya wajib digendong (towing)," pungkasnya.

***

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url