Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI dalam Sejarah Indonesia - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI dalam Sejarah Indonesia
May 9th 2024, 20:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Deskripsikan Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI, Sumber Unsplash Nick Agus Arya
Ilustrasi Deskripsikan Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI, Sumber Unsplash Nick Agus Arya

PPKI dan BPUPKI adalah dua organisasi yang didirikan sebelum Indonesia merdeka. Dua organisasi ini sama-sama dibentuk di masa pendudukan Jepang. Bagaimanapun juga, ada perbedaan di antara keduanya. Deskripsikan perbedaan antara PPKI dan BPUPKI!

Salah satu perbedaan yang menonjol adalah tanggal pendiriannya. BPUPKI didirikan lebih dahulu daripada PPKI.

Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI

Ilustrasi Deskripsikan Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI, Sumber Unsplash Nick Agus Arya
Ilustrasi Deskripsikan Perbedaan antara PPKI dan BPUPKI, Sumber Unsplash Nick Agus Arya

Dalam sejarah Indonesia, BPUPKI merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Nama lain BPUPKI dalam bahasa Jepang adalah Dokuritsu Junbi Cosakai.

Sedangkan menurut buku Ilmu Pengetahuan Sosial, Sugiharsono, dkk (2008: 134), PPKI adalah singkaktan dari Panitia Kemerdekaan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, PPKI disebut sebagai Dokuritsu Junbi Inkai.

Selain nama, masih ada berbagai perbedaan lain antara kedua organisasi ini. Deskirpsikan perbedaan antara PPKI dan BPUPK! Berikut di antaranya.

1. Tanggal Pembentukan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, BPUPKI dibentuk terlebih dahulu, yaitu pada tanggal 29 April 1945. Tujuannya adalah untuk menyelidiki dan merencanakan kebutuhan terkait kemerdekaan Indonesia.

Lalu PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 setelah BPUPKI dibubarkan. Tujuannya untuk melanjutkan pekerjaan BPUPKI serta meresmikan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945.

2. Susunan Anggota

BPUPKI mempunyai anggota sebanyak 63 orang. Ketuanya adalah K. R. T. Radjiman Wedyodiningrat. Wakilnya ada dua, yaitu Ichibangase Yosio dan RP Soreoso.

Di sisi lain, PPKI memiliki 21 anggota dan 5 anggota tambahan. Ketua PPKi adalah Ir. Soekarno. Sedangkan wakilnya adalah Mohammad Hatta. Ada juga Mr. Ahmad Subardjo selaku penasihat khusus.

3. Persidangan

BPUPKI mengadakan dua kali sidang. Sidang pertama diadakan pada 29 Mei-1 Juni 1945 untuk membahas dasar negara. Lalu, sidang kedua diadakan pada 10-17 Juli 1945 untuk membahas bentuk negara, batas wilayah, pembukaan, serta struktur UUD.

Lalu, PPKI mengadakan tiga kali persidangan, yakni pada 18-19, 22, dan 29 Agustus 1945. Hasilnya antara lain mengesahkan UUD, menetapkan pembagian wilayah, membubarkan beberapa organisasi, hingga menetapkan presiden dan wakilnya.

Baca juga: Sejarah Proses Pembentukan BPUPKI dan Hasil Sidangnya

Deskripsikan perbedaan antara PPKI dan BPUPKI! Jadi, ada berbagai perbedaan dari dua organisasi tersebut. Salah satunya adalah tanggal pembentukannya. Bila BPUPKI dibentuk pada April 1945, PPKI dibentuk setelah organisasi tersebut dibubarkan, yaitu Agustus 1945. (LOV)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url