Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia? Ini Fakta Sejarahnya - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia? Ini Fakta Sejarahnya
May 24th 2024, 17:12, by Berita Terkini, Berita Terkini

Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Nick Agus Arya
Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Nick Agus Arya

Jepang menjadi salah satu negara yang menjajah Indonesia sebelum akhirnya merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Jika sudah belajar sejarah, pastinya mengetahui berapa lama Jepang menjajah Indonesia.

Sebelum Jepang menjajah Indonesia, bangsa Indonesia atau dulu pernah dikenal dengan Nusantara sudah lebih dulu dijajah oleh bangsa barat yaitu Belanda. Dalam catatan sejarah, Belanda menjadi negara yang paling lama menjajah Indonesia.

Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia? Ini Jawabannya

Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Anggit Rizkianto
Berapa Lama Jepang Menjajah Indonesia Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Anggit Rizkianto

Dikutip dari buku Pendudukan Jepang di Indonesia, Amelia F., (2020), Jepang merupakan negara di Asia yang memiliki kekuatan dan pengaruh besar di Indonesia. Hal tersebut yang membuat Jepang bisa menjajah Indonesia.

Jepang pertama kali datang ke Indonesia melalui kalimantan timur pada 11 Januari 1942. Jepang pada saat itu sedang terlibat perang di kawasan Asia Pasifik melawan beberapa negara lainnya.

Sebenarnya kedatangan Jepang pada awalnya disambut baik oleh rakyat Indonesia karena menjadi angin segar bisa mengusir penjajahan Belanda yang sudah puluhan tahun menguasai Indonesia.

Sejak kedatangannya pertama kali ke Indonesia, mereka sukses memukul mundur Belanda hingga di kawasan pulau Jawa. Bahkan pada bulan Maret 1942, Jepang sudah sukses menguasai Batavia yang sekarang adalah wilayah Jakarta.

Hingga pada akhirnya Jepang sukses mengusir Belanda dari Indonesia dan menjanjikan Indonesia kemerdekaan yang selama ini diinginkan oleh seluruh rakyat Indonesia. Namun, janji tersebut ternyata tidak kunjung diberikan oleh Jepang sampai akhirnya berhasil merdeka dengan usaha sendiri pada 17 Agustus 1945.

Berapa lama Jepang menjajah Indonesia? Berdasarkan catatan sejarah, jawabananya adalah 3,5 tahun. Jepang sukses membawa banyak perubahan yang positif bagi Indonesia. Namun, penjajahan 3,5 tahun tersebut juga memberikan kesengsaraan yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.

Karena model pemerintahan yang dijalankan Jepang sangat tidak menghargai rakyat Indonesia dan semena-mena. Rakyat Indonesia dipaksa untuk bekerja paksa (romusha) untuk mendukung kepentingan perang Jepang. Mereka juga mengalami berbagai penindasan dan kekejaman, seperti pembantaian massal, kelaparan, dan kekurangan obat-obatan.

Baca juga: Kondisi Rakyat yang Mengalami Penjajahan di Masa Lampau

Berdasarkan ulasan tersebut,1 maka jawaban dari pertanyaan berapa lama Jepang menjajah Indonesia adalah 3,5 tahun. Masa penjajahan Jepang merupakan periode penting dalam sejarah Indonesia. Meskipun singkat, periode ini meninggalkan jejak yang mendalam dan menjadi pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url