Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru dan Keunikannya - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru dan Keunikannya
May 8th 2024, 20:35, by Berita Terkini, Berita Terkini

Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Christian Lue
Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Christian Lue

Benua Biru merupakan sebutan atau julukan untuk Benua Eropa. Ada beberapa alasan mengapa Benua Eropa disebut Benua Biru. Sebutan ini tentunya berhubungan dengan karakteristik dari Benua Eropa itu sendiri.

Benua Eropa merupakan benua yang diisi oleh negara-negara Eropa dan rata-rata diisi oleh negara yang maju. Benua ini sering menjadi role model atau contoh bagi negara-negara yang ada di benua lainnya.

Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru

Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Antoine Schibler
Alasan Benua Eropa Disebut Benua Biru. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Antoine Schibler

Dalam buku Pengetahuan Sosial Geografi, Idianto Muin, (2004), dijelaskan bahwa benua Eropa merupakan benua yang berbatasan langsung dengan benua Asia sehingga kedua benua ini disebut pula Eurasia.

Benua ini menjadi benua paling kecil yang ada di dunia karena jika ditotal luas seluruh negara yang ada di benua ini hanya 10.186 juta kilometer persegi. Benua ini berada di belahan bumi utara dan sebagian belahan bumi timur.

Eropa dipisahkan dari Asia oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia dan Laut Hitam, serta Rusia. Sementara itu, benua ini dipisahkan dari Afrika lewat Laut Mediterania.

Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Pembagian wilayah atau region tersebut lebih pada perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya.

Benua ini sering dijuluki atau dikenal dengan Benua Biru. Ada beberapa alasan Benua Eropa disebut Benua Biru. Alasan pertama karena rata-rata penduduk yang ada di benua ini memiliki mata berwarna biru.

Teori kedua menghubungkan Benua Biru dengan sejarah dan politik Eropa. Warna biru sering dikaitkan dengan kerajaan dan bangsawan, seperti frasa "darah biru" yang merujuk pada keturunan bangsawan.

Penggunaan warna biru dalam bendera Uni Eropa juga memperkuat asosiasi ini, melambangkan persatuan dan solidaritas benua. Beberapa hal tersebut yang pada akhirnya membuat benua ini mendapatkan julukan sebagai Benua Biru.

Benua Biru atau Benua Eropa merupakan sebuah benua yang memiliki sejarah panjang dan penuh dengan gejolak. Gejolak tersebut yang pada akhirnya menempa negara-negara yang ada di dalamnya menjadi seperti sekarang ini.

Baca juga: Keuntungan Letak Geologis Benua Asia Dibandingkan Benua Lainnya

Demikian adalah pembahasan mengenai alasan Benua Eropa disebut Benua Biru. Selain kata warna mata dari penduduknya juga ada beberapa alasan lainnya. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url