Syarat Refund Tiket Kereta secara Offline dan Online beserta Caranya
13 Apr, 2024
Halaman ini telah diakses:
Views
Refund merupakan salah satu kebijakan PT KAI untuk menghadapi kejadian tak terduga yang dialami penumpang. Meskipun demikian, terdapat syarat refund tiket kereta yang harus dipenuhi.
Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Pariwisata, Estikowati (2022:128), refund atau retur adalah pengembalian atas pembatalan rencana penggunaan. Contohnya, seperti paket tour, tiket pesawat, akomodasi, dan lain-lain.
Syarat Refund Tiket Kereta yang Perlu Diketahui Penumpang
Ketentuan refund harus diketahui calon penumpang, bahkan sebelum membeli tiket. Berikut adalah syarat refund tiket kereta secara offline maupun online.
1. Syarat Refund Offline
Refund dilayani di loket stasiun paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.
Menunjukkan identitas asli dan fotokopi yang sesuai pada pemesanan atau surat kuasa, dan identitas asli jika pemohon pembatalan bukan pemilik tiket.
Membayar biaya pembatalan 25% dari tarif kereta api, di luar biaya pemesanan.
Jika ingin membatalkan banyak penumpang dengan kode booking yang sama, cukup lampirkan salah satu identitas penumpang saja.
Pembatalan berlaku untuk sebagian penumpang atau seluruh penumpang.
Mengisi formulir pembatalan.
Dana akan dikembalikan setelah 30 hari melalui transfer atau tunai (mengambil dana di stasiun), dengan menyerahkan formulir pembatalan yang telah divalidasi oleh petugas, serta menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai.
Jika formulir pembatalan hilang, penumpang wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian saat mengambil dana secara tunai.
2. Syarat Refund Online
Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan, atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access, serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
Pembatalan dapat dilakukan selambat-lambatnya 2 jam sebelum keberangkatan, dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid (Lunas), serta belum dicetak menjadi Boarding Pass.
Jika lewat dari waktu tersebut, maka pembatalan dapat dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
Dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif kereta api di luar biaya pemesanan
Pengembalian dana hanya melalui transfer bank yang dikirimkan ke rekening salah satu penumpang, dan dana akan dikembalikan selama 30 - 45 hari.
Pastikan penginputan nama dan nomor rekening bank telah sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank yang dimiliki.
Cara Refund Tiket Kereta secara Offline dan Online
Cara untuk melakukan refund tiket kereta secara offline dan online adalah berikut ini.
1. Cara Refund Offline
Datang ke stasiun pembatalan tiket kereta api.
Menuju lokasi loket customer service stasiun.
Bawa tiket atau bukti pemesanan tiket kereta api, KTP atau identitas diri (asli dan fotokopi).
Isi dan tanda tangani formulir pembatalan tiket kereta api.
Ikuti proses pembatalan tiket kereta api sampai selesai.
2. Cara Refund Online
Buka aplikasi KAI Access, kemudian login pada akun yang terdaftar.
Pada menu Tiket, pilih kode pemesanan tiket kereta api yang akan dibatalkan.
Lalu pada bagian Kelola Pemesanan, klik tombol Pembatalan. Berlaku paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan.
Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan perjalanan kereta api.
Jangan lupa untuk terlebih dahulu membaca dan mencentang Syarat & Ketentuan, kemudian klik Lanjut untuk proses pembatalan.
Pada halaman Akun Bank, masukkan akun bank dan nomor rekening dengan benar untuk pengembalian dana.
Lanjutkan proses pembatalan tiket. Pada halaman konfirmasi, pastikan pembatalan tiket kereta telah sesuai.
Klik tombol Ya, Saya yakin untuk proses selanjutnya. Selamat proses pembatalan tiket kereta api telah berhasil!
Baca juga: Syarat dan Cara Reschedule Tiket Kereta Api secara Online
Syarat refund tiket kereta dibedakan berdasarkan offline maupun online. Penumpang dibebaskan untuk memilih cara yang paling mudah dalam mengurus proses refund. (DK)