Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumberdaya Ekonomi

Ilustrasi jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi. Sumber: Pexels/urtimud.89
Ilustrasi jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi. Sumber: Pexels/urtimud.89

Kelangkaan adalah permasalahan yang sangat mendasar dalam ilmu ekonomi dan bisa terjadi kapan saja tanpa terduga. Jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi!

Kelangkaan sumberdaya ekonomi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah karena permintaan lebih tinggi daripada persediaan.

Jelaskan Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumberdaya Ekonomi! Ini Jawabannya

Ilustrasi jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi. Sumber: Pexels/Piotr Arnoldes
Ilustrasi jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi. Sumber: Pexels/Piotr Arnoldes

Berdasarkan buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi) untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama, Saraswati dan Widaningsih (2008) kelangkaan berhubungan dengan keterbatasan bahan-bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sementara itu, dalam ekonomi, kelangkaan merujuk pada kondisi sumber daya yang tersedia terbatas, sementara kebutuhan dan keinginan terhadap barang atau jasa tidak terbatas. Dalam hal ini, sumber daya yang dimaksud adalah tenaga kerja, bahan baku, modal, teknologi, alam, hingga waktu.

Kelangkaan dalam ilmu ekonomi tidak hanya berarti sumber daya yang sedikit. Melainkan adanya ketimpangan antara sumber daya yang tersedia dengan kebutuhan manusia.

Jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi! Berikut ini beberapa faktor penyebabnya.

1. Kerusakan Sumber Daya Alam

Kerusakan sumber daya alam menjadi faktor penting penyebab kelangkaan sumberdaya ekonomi. Alam yang rusak membuat bahan baku tidak lagi tersedia sehingga produsen tidak bisa memproduksi kebutuhan konsuen.

2. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat

Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat daripada pertumbuhan barang produksi di pasaran dapat menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan dengan persediaan barang dan jasa. Peningkatan penduduk yang tidak seimbang dengan ketersediaan sumber daya alam akan menyebabkan kelangkaan.

3. Perbedaan Letak Geografis

Perbedaan letak geografis tiap wilayah akan berpengaruh pada potensi alamnya. Hal inilah menyebabkan sumber daya alam tersebar tidak merata. Akibatnya, ada daerah yang banyak sumber daerah alamnya dan ada daerah yang potensi sumber dayanya hanya sedikit. Kondisi ini kemudian dapat menimbulkan potensi kelangkaan.

4. Kemampuan Sumber Daya Manusia yang Terbatas

Kurangnya penguasaan terhadap teknologi dan modal atau sumber daya manusia yang terbatas juga dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan. Hal ini terjadi karena kualitas produksi yang tidak efektif dan efisien. Akibatnya, jumlah permintaan dengan ketersediaan jadi tidak seimbang.

5. Perkembangan Teknologi yang Berbeda

Perkembangan teknologi turut berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas produksi barang. Negara yang penguasaan teknologinya bagus akan memaksimalkan proses produksi dan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakatnya dengan optimal.

Baca juga: 2 Cara yang Tepat untuk Menanggulangi Kelangkaan Ekonomi

Apabila diminta untuk jelaskan penyebab terjadinya kelangkaan sumberdaya ekonomi, jawaban di atas bisa dijadikan referensi. Selain jawaban tersebut, tentunya masih banyak jawaban lainnya yang bisa dicari. (SASH)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url