Penumpang Arus Balik di Bandara Raden Inten Mulai Meningkat Pada H+3 Lebaran
14 Apr, 2024
Halaman ini telah diakses:
Views
Lampung Geh, Lampung Selatan - Bandara Raden Inten II mulai di padati pemudik pada arus balik lebaran 2024, terlihat pergerakan penumpang sampai dengan H+3 , pada hari Minggu (14/4) mencapai 3.636 penumpang.
Executive General Manager Bandara Radin Inten II Untung Basuki menyampaikan pergerakan penumpang sudah terlihat sejak H+1 lebaran.
"Pergerakan penumpang mulai terlihat sejak H+1 lebaran pada Jumat 2024 terdapat 28 penerbangan dan 3.431 penumpang. Pada H+2 hari Sabtu, 13 April 2024 terdapat penumpang 3.298. Sedangkan pada hari ini H+3 lebaran terdapat 3.636 penumpang dan 27 penerbangan," ungkapnya
Dia mengatakan jika dibandingkan dengan tahun 2023 pergerakan penumpang H+ 3 lebaran di Bandara Raden Inten II meningkat 26 persen.
"Jika kita bandingkan arus balik H+3 lebaran tahun 2024 dengan tahun 2023 mengalami peningkatan penumpang sebesar 26 persen. Di tahun 2023 terdapat 2.876 penumpang sedangkan tahun ini sebesar 3.636 penumpang," ujarnya
Dia mengatakan, berdasarkan rencana operasi, puncak arus balik lebaran terjadi pada H+4 lebaran atau 15 April 2024.
"Berdasarkan rencana operasi, puncak arus balik lebaran terjadi pada besok H+4 lebaran," tuturnya
Dia menjelaskan, terkait persiapan yang telah dilakukan pihak Bandara untuk arus balik sementara sama dengan persiapan arus mudik lebaran.
"Persiapan pelayanan kita untuk arus balik ini sementara sama dengan arus mudik lebaran kemarin, dengan membuat Rencana Operasi Angkutan Lebaran, memastikan fasilitas keamanan dan kenyamanan layak operasi melakukan Runway skid resistant dan menggelar posko monitoring angkutan lebaran dengan melibatkan berbagai instansi dan stakeholder, " jelasnya
Terakhir, dia menyampaikan, secara khusus untuk mempersiapkan arus balik akan memaksimalkan pengawasan dan pelayanan pada area keberangkatan.
"Namun secara khusus untuk mempersiapkan arus balik, yag mana terjadi pergerakan dari wilayah Lampung ke daerah asal, kami juga memfokuskan dan memaksimalkan pengawasan serta pelayanan pada area keberangkatan (Check in area dan boarding lounge)," tutupnya. (Cha/Put)