Maksimalkan Kecerdasan Buatan Jadi Langkah BRI Permudah Layanan Digital

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha. Foto: BRI
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha. Foto: BRI

PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI tidak mau ketinggalan pesatnya perkembangan teknologi, terutama dengan adanya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). AI tersebut dijadikan BRI sebagai salah satu sarana transformasi digital.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha, memastikan BRI merupakan bank yang dekat dengan perkembangan teknologi.

"Kami adalah industri yang sangat dekat dengan teknologi. AI adalah cara kami untuk bisa menghumanisasi layanan-layanan kami, terutama layanan digital. Dengan keahlian kami di bidang microfinance, kami melihat bahwa kami harus melayani masyarakat di segmen yang lebih bawah," kata Arga dikutip pada Jumat (26/4).

Arga menganggap AI adalah cara BRI untuk menghumanisasi layanan, utamanya yang digital. Memang, salah satu aspek yang menjadi perhatian BRI adalah menghadirkan layanan perbankan lebih humanis, terutama bagi UMKM yang merupakan pangsa pasar utama perusahaan.

Meskipun telah melek digital, Arga menilai para pelaku UMKM masih banyak yang merasa enggan dan cemas saat berinteraksi dengan layanan keuangan.

"Mereka kenal dengan Instagram dan media sosial lain, tapi ketika bertransaksi keuangan, mereka ada kecemasan. Ini yang dijembatani dengan teknologi, dan kami lihat AI bisa melengkapi teknologi ini supaya lebih humanis," ujar Arga.

Arga menjelaskan penggunaan AI yang dimaksud seperti dengan mengenalkan ke perangkat chatbot AI BRI, Sabrina atau Smart BRI New Assistant, kepada para nasabah.

Sabrina yang diluncurkan pada 2018 lalu itu merupakan virtual assistant chat yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. Sejak diluncurkan, Sabrina terus diperbarui kemampuannya.

Sabrina kini mampu menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk dan layanan, serta membantu nasabah menyelesaikan berbagai transaksi perbankan secara cepat dan efisien.

BRI kini menghadirkan sosok Sabrina layaknya manusia. Ya dengan bantuan Artificial Intelligence (AI), Keberadaan Sabrina tidak hanya sekadar sebagai alternatif, namun juga sebagai solusi untuk mengatasi antrean dan waktu tunggu panjang saat berkomunikasi dengan frontliner di kantor BRI.

"Ini cara-cara kami untuk menghumanisasi layanan-layanan digital," ucapnya.

Sabrina BRI yang siap memberikan berbagai rekomendasi untuk masyarakat. Foto: Dok. BRI
Sabrina BRI yang siap memberikan berbagai rekomendasi untuk masyarakat. Foto: Dok. BRI

Arga memastikan BRI akan terus mengeksplorasi penggunaan kecerdasan buatan tersebut. Menurutnya, langkah itu sebagai upaya mendorong kinerja.

"Kami menggunakan AI sama seperti banyak pihak lain, utamanya untuk mencari peluang peningkatan kinerja dan mencari peluang menurunkan biaya, efisiensi, dan optimalisasi banyak hal," tutur Arga.

Layani Nasabah dengan Mudah dan Cepat

Nasabah tidak perlu lagi khawatir tentang jam kerja atau hari libur, karena Sabrina siap melayani setiap kebutuhan nasabah 24 jam melalui chat WhatsApp di nomor 0812-1214-017.

Salah satu keunggulan utama Sabrina adalah kemampuannya untuk belajar dan berkembang seiring waktu. Dengan menggunakan teknologi Large Language Model (LLM), BRI terus meningkatkan pemahaman Sabrina tentang berbagai pertanyaan dan situasi yang ia hadapi, sehingga mampu memberikan respons yang semakin presisi dan relevan seperti berikut ini:

  • Memberikan informasi terkait produk BRI (Simpanan, Pinjaman, Kartu, dan lainnya)

  • Memberikan informasi tentang lokasi kantor BRI dan e-channel (ATM) serta Promo BRI seperti informasi lokasi merchant BRI terdekat di sekitar kamu (Cafe, Resto, Supermarket , Hotel, dan lainnya)

  • Memberikan solusi atas permasalahan/keluhan nasabah (seperti akun atau debit terblokir, dan lainnya.

  • Membantu kamu untuk pembuatan pengaduan atas kendala transaksimu dan tracking status penyelesaian pengaduannya.

  • Mengingatkan kamu kapan harus melakukan pembayaran tagihan pinjaman, listrik dan pulsa.

Menguasai Multibahasa

Selain bahasa Indonesia, Sabrina juga dapat mengerti bahasa sehari-hari dan bahasa daerah seperti Jawa, Sunda, hingga Batak. Caranya mudah, misalnya ketika kamu mengirim pesan kepada Sabrina dengan kata lapar dalam bahasa Sunda 'Dahar', Sabrina dengan cepat memberikan informasi tentang lokasi merchant terdekat di sekitarmu jika kamu berbagi lokasi melalui fitur share location.

Dengan kemampuan multibahasa, Sabrina memastikan setiap nasabah dapat berinteraksi dengan mudah dalam bahasa yang mereka pahami, serta dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan dalam menggunakan layanan perbankan.

BRI Jamin Keamanan Sabrina

Sabrina dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat untuk melindungi informasi dan privasi data nasabah. Sehingga nasabah dapat berinteraksi dengan Sabrina tanpa khawatir tentang kebocoran data atau penyalahgunaan informasi pribadi.

Penggunaan Sabrina oleh BRI juga merupakan langkah strategis dalam mengikuti perkembangan teknologi dan tren digitalisasi yang semakin pesat.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, BRI dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih baik dan memperluas jangkauan layanannya kepada masyarakat.

Dengan semua keunggulan dan kemudahan yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika Sabrina kini menjadi salah satu aset berharga BRI dalam menjaga kepuasan dan loyalitas nasabah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url