Bangga Berjualan Batik Khas Indonesia, Barbie Awliya Buka 2 Butik di Paris

Barbie Awliya di depan butiknya di Paris, Prancis
Barbie Awliya di depan butiknya di Paris, Prancis

Sudah sepatutnya orang Indonesia bangga mengenakan batik sebagai pakaian sehari-hari. Warisan nusantara yang memiliki beragam corak dan filosofi ini jadi salah satu 'jendela' melihat kekayaan seni dan budaya Indonesia. Barbie Awliya salah satunya. Perempuan kelahiran Surabaya yang juga perancang busana di Paris ini juga ikut mempromosikan pesona batik di kota mode dunia. Barbie bahkan sejak usia 17 tahun sudah membuka butik khusus batik di Paris sembari menyelesaikan studinya. Butik Barbie sendiri berada di 78 Avenue des champs-Élysées, Paris dan 22 rue Le Brun, Paris, Prancis. "Saya mengambil wastra batik hampir dari seluruh daerah di Indonesia. Memang misinya untuk membantu perajin batik lokal dan sekaligus menaikkan popularitas batik di mata dunia," kata Barbie Awliya yang dihubungi pada Rabu (17/4). Berkolaborasi dengan sang Ibu, Luxie Diandra, kini Barbie juga menyasar pasar dalam negeri.

Bangga Berjualan Batik Khas Indonesia, Barbie Awliya Buka 2 Butik di Paris

Dalam waktu dekat, Barbie akan membuka butik pertamanya di Indonesia yang berada di kawasan Ngagel Timur Surabaya. "Saya mengurus sendiri seluruh kebutuhan butik. Mulai riset lokasi, promosi, hingga mendesain seluruh produk yang bakal dijual," kata Barbie. Desain modern yang sesekali dikombinasi sentuhan grande Eropa membuat koleksi Barbie ditunggu-tunggu oleh pecinta fashion tanah air. Kecintaaan Barbie dengan dunia fashion dimulai sejak dia berusia 12 tahun. Saat itu, Barbie meminta restu orang tuanya untuk melanjutkan sekolah mode.

Bangga Berjualan Batik Khas Indonesia, Barbie Awliya Buka 2 Butik di Paris (1)

"Usia 15 tahun Barbie sudah show tunggal dan usia 17 tahun lanjut kuliah di Paris sambil langsung buka butik batik. Belajar bisnis dan fashionnya langsung praktik, jadi dia bisa mengerti peluang, tantangan, dan selalu kreatif mencari solusi supaya bisnis bisa bertahan," cerita Luxie, ibunda Barbie. Kini Luxie maupun Barbie optimis dengan antusiasme masyarakat menyambut koleksi batik ala Barbie yang modern dan elegan. "Kami belum resmi buka di Surabaya koleksi batiknya sudah diborong kolega," kata Luxie.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url