Apa yang Dimaksud dengan Cerita Legenda? Ini Pengertian dan Jenisnya

Ilustrasi jelaskan yang dimaksud dengan cerita legenda. Sumber: pexels.com
Ilustrasi jelaskan yang dimaksud dengan cerita legenda. Sumber: pexels.com

Dalam sastra Indonesia, ada banyak sekali jenis cerita yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Salah satunya adalah cerita legenda yang banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Meski begitu, masih ada orang yang kesulitan saat diminta untuk jelaskan yang dimaksud dengan cerita legenda.

Jadi, walaupun cerita legenda terbilang populer di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi masih banyak dari mereka yang belum mengetahui pengertiannya. Hal inilah yang membuat sebagian orang tidak bisa menyebutkan jenis-jenis dari cerita legenda itu sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan Cerita Legenda dan Jenis-Jenisnya?

Ilustrasi jelaskan yang dimaksud dengan cerita legenda. Sumber: pexels.com
Ilustrasi jelaskan yang dimaksud dengan cerita legenda. Sumber: pexels.com

Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan cerita legenda? Mengutip dari buku Riwayat Kehidupan dan Tradisi Warisan Leluhur Dayak Bahau Bate Umaq Mamahak Tebo'oq, Roedy Haryo Widjono AMZ (hal 11), pengertian legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.

Jadi, cerita legenda ini bersifat sekuler atau keduniawian dan terjadi pada masa yang belum lampau, sehingga bertempatan di dunia yang dikenal sekarang ini. Adapun jenis-jenis cerita legenda yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Legenda Keagamaan atau Religious Legend

Legenda keagamaan merupakan legenda yang kisahnya berkaitan dengan kehidupan keagamaan. Cerita legenda ini umumnya menceritakan tentang orang-orang suci, seperti legenda Nasrani, legenda Makam Pangeran Panggung, hingga legenda Wali Sembilan atau Wali Songo.

2. Legenda Alam Gaib atau Supernatural Legend

Legenda alam gaib merupakan cerita rakyat yang berkaitan dengan makhluk-makhluk gaib atau supernatural. Cerita dalam jenis legenda ini umumnya menceritakan tentang suatu kepercayaan terhadap alam gaib, seperti legenda Nyi Roro Kidul Sang Penguasa Pantai Selatan.

3. Legenda Perseorangan atau Personal Legend

Legenda perseorangan adalah kisah hidup seseorang yang berakhir dengan kematian atau tidak. Legenda ini sangat erat hubungannya dengan kisah percintaan, pengabdian, penipuan, ataupun peperangan.

4. Legenda Setempat atau Local Legend

Legenda setempat merupakan cerita yang mengisahkan tentang asal-usul nama sebuah tempat. Tak hanya tempat, cerita legenda ini juga dapat mengisahkan tentang asal-usul bentuk tempat, seperti bukit, dataran, berjurang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Cerita Pengalaman dan Contohnya

Demikian penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan cerita legenda dan jenis-jenisnya dalam karya sastra Indonesia. (Anne)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url