6 Fakta Orangutan Kalimantan yang Menarik untuk ditelisik

Ilustrasi Orangutan Kalimantan, sumber: unsplash/chutersnap
Ilustrasi Orangutan Kalimantan, sumber: unsplash/chutersnap

Orangutan Kalimantan merupakan salah satu hewan yang unik. Sayangnya, jumlahnya terus menyusut dari tahun ke tahun karena berbagai sebab, mulai dari perburuan liar, ekosistem yang semakin tergusur, dan lain-lain.

Sebagai upaya konservasi, banyak kebun binatang dan penangkaran satwa yang merawat orangutan jenis ini. Terlepas dari semakin langkanya orangutan, ada beberapa fakta menarik yang dimiliki hewan ini.

Fakta Orangutan Kalimantan

Ilustrasi Orangutan Kalimantan, sumber: unsplash/DanDennis
Ilustrasi Orangutan Kalimantan, sumber: unsplash/DanDennis

Mengutip buku ASN Hijau oleh Biasworo, dkk (2024), orangutan Kalimantan merupakan spesies primata besar yang dapat dijumpai di pulau Kalimantan, Indonesia. Beberapa fakta menarik tentang satwa ini yaitu sebagai berikut:

1. Habitat dan Persebaran

Orangutan Kalimantan adalah satwa endemik pulau Kalimantan. Hewan ini umumnya dijumpai di hutan-hutan tropis, rawa, hingga dataran rendah. Walaupun demikian, habitat mereka semakin menyusut akibat aktivitas deforestasi dan perburuan liar.

2. Kehidupan Sosial

Orangutan jenis ini merupakan primata sosial yang tinggal sendiri atau berada dalam kelompok kecil yang terdiri dari induk betina dan anak-anaknya.

Betina biasanya hanya mempunyai satu anak pada satu waktu dan merawatnya selama bertahun-tahun dengan penuh perhatian. Sementara itu, orangutan jantan cenderung mempunyai teritorial yang luas dan sering menghabiskan waktu sendirian.

3. Morfologi

Orangutan Kalimantan mempunyai bulu berwarna coklat kemerahan. Hal ini tentu berbeda dengan orangutan Sumatra yang memiliki bulu berwarna merah tua.

Hewan ini mempunyai lengan panjang dan kuat yang digunakan untuk bergerak di pepohonan. Pejantan orangutan ini mempunyai janggut yang lebat dan besar sebagai tanda kedewasaan seksual.

4. Ancaman dan Konservasi

Populasi orangutan Kalimantan mengalami penurunan yang cukup drastis dalam beberapa dekade terakhir. Seperti yang telah djelaskan sebelumnya, penyebabnya antara lain perburuan liar, kehilangan habitat, perdagangan ilegal, hingga konflik dengan manusia.

5. Perilaku Unik

Orangutan Kalimantan dikenal memiliki perilaku yang unik karena mampu membuat berbagai alat. Misalnya, seperti mampu membuat payung dari daun atau ranting untuk mencari makanan.

6. Peran Ekologis

Orangutan jenis ini mempunyai andil besar dalam ekosistem hutan tropis. Apalagi, dalam proses penyebaran benih tanaman hingga pemulihan hutan. Sebagai hewan yang mampu bergerak bebas, hewan ini membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan mengonsumsi beragam jenis tumbuhan.

Baca juga: Daftar Hewan Langka di Kalimantan yang Dilindungi UU

Beberapa fakta orangutan Kalimantan yang dijelaskan di atas menunjukkan bahwa hewan ini sangat unik. Diperlukan pengawasan dan aturan hukum yang ketat dari pemerintah agar hewan ini tidak punah. (DLA)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url