Al Isra Ayat 23: Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua

Ilustrasi Al Isra Ayat 23, sumber: unsplash/SyedAounAbbas
Ilustrasi Al Isra Ayat 23, sumber: unsplash/SyedAounAbbas

Bacaan Al Isra Ayat 23 tidak hanya harus dibaca, tetapi juga ditelaah oleh umat muslim. Ayat tersebut membahas tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.

Seperti yang diketahui, orang tua adalah orang yang berjasa dalam hidup setiap anak. Mereka merawat dan membesarkan anak hingga mereka dewasa. Oleh karena itu, agama Islam memerintahkan agar umatnya selalu menghormati orang tua dan berbakti kepada mereka.

Bacaan surat Al Isra ayat 23

Ilustrasi Al Isra Ayat 23, sumber: unsplash/GrStocks
Ilustrasi Al Isra Ayat 23, sumber: unsplash/GrStocks

Mengutip buku Mukjizat Matematik Al-Qur'an oleh Muhammad Sholikhin (2012), Al Isra adalah surat ke-17 dalam Alquran yang terdiri dari 111 ayat. Adapun bacaan surat Al Isra ayat 23 dalam tulisan Arab, latin, dan artinya yakni sebagai berikut:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Arab-latin: Wa qaḍā rabbuka allā ta'budū illā iyyāhu wa bil-wālidaini iḥsānā, immā yabluganna 'indakal-kibara aḥaduhumā au kilāhumā fa lā taqul lahumā uffiw wa lā tan-har-humā wa qul lahumā qaulang karīmā

Artinya: Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Makna Surat Al Isra Ayat 23

Ilustrasi Al Isra Ayat 23, sumber: unsplash/MasjidPogungDalangan
Ilustrasi Al Isra Ayat 23, sumber: unsplash/MasjidPogungDalangan

Surat Al Isra ayat 23 merupakan ayat Al Quran yang menjelaskan tentang perintah untuk berbakti kepada orang tua, baik ayah maupun ibu. Seorang anak juga dilarang menyakiti hati keduanya dengan berkata kasar atau melawan saat dinasihati.

Bahkan, membentak orang tua merupakan salah satu perbuatan yang dibebani dosa besar oleh Allah. Oleh karena itu, penting sekali bersikap sopan dan santun kepada orang tua. Adapun poin-poin penting yang disampaikan dalam ayat tersebut yakni sebagai berikut:

  1. Dilarang mengucapkan kata kotor atau kasar, walaupun hanya sekadar 'ah' kepada orang tua.

  2. Tidak boleh menghardik atau membentak orang tua.

  3. Dianjurkan untuk selalu mengucapkan kata-kata yang baik kepada orang tua.

  4. Bersikap tawadhu kepada orang tua, yakni rendah hati dan tidak sombong.

  5. Selalu mendoakan orang tua yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Bacaan Al Isra Ayat 23 beserta maknanya yang dijelaskan di atas bisa dijadikan renungan bagi setiap umat muslim. Sejatinya, orang tua harus selalu dihormati dan dibahagiakan hingga akhir hayatnya. (DLA)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url