Ini Dia Sepeda Listrik Terbaru Smart Mercedes

Juandry9
Pipes Output
Ini Dia Sepeda Listrik Terbaru Smart Mercedes
Aug 21st 2011, 13:50

TEMPO Interaktif, Berlin - Smart, produsen mobil mungil yang kini berada di bawah payung Mercedes Benz, ternyata tak hanya piawai membuat mobil kecil ramah lingkungan saja.  Produsen yang kesohor dengan mobil kecil Smart Fortwo tersebut, ternyata juga memproduksi sepeda bertenaga listrik, e-bike.

Seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Ahad, 21 Agustus 2011, Smart menggandeng  produsen sepeda listrik di dekat Berlin, Jerman, GRACE, untuk membuat sepeda bertenaga setrum itu. "New e-bike itu mulai dipasarkan di Eropa dan Amerika pada paruh pertama 2012," demikian bunyi pernyataan Smart.

Sebelum diproduksi smart e-bike akan dipamerkan di gelaran Eurobike di Friedrichshafen  yang berlangsung 31 Agustus-3 September dan Frankfurt Motor Show pada 13-25 September 2011.

Salah satu daya tarik dari sepeda ini adalah paduan antara olahraga seperti lazimnya sepeda konvensional dengan kemudahan berkat sokongan tenaga listrik.  Pengendara bisa menggowes pedal sesuai batas kemampuan mereka atau menggunakan motor listrik berkapasitas 250 watt.

Sepeda ini juga menggunakan teknologi energy brake regenerative system melalui sistem pengereman. Artinya, saat pengemudi mengerem sepeda, energy listrik tak serta merta terbuang percuma, tetapi didaur ulang menjadi tenaga setrum yang diisikan ke baterai motor listrik.

Lantaran itu pula, baterai listrik dari bahan ion Lithium berdaya 400 watt jam (Wh) itu mampu membawa sepeda menempuh jarak 100 kilometer dalam sekali isi. Kecepatan sepeda bisa mencapai 24-30 kilometer per jam.

Fitur lainnya adalah USB port untuk smartphone. Selain sebagai sarana hiburan, keberadaan peranti itu juga sebagai sarana informasi tempat pengisian baterai dan jarak yang masih bisa dijangkau terkait dengan cadangan setrum yang masih tersisa.

Hingga kini Smart belum merilis resmi banderol sepeda itu. Namun di Jerman diperkirakan dibanderol tak lebih dari 2.900 Euro atau sekitar Rp 35,75 juta.

ARIF ARIANTO

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url